Tujuan

  1. Menghasilkan calon Guru Kelas, Asisten Peneliti, Pengembang Bahan Ajar dan Media Pembelajaran Pendidikan dasar Madrasah Ibtidaiyah yang unggul, kompetitif, professional dan berakhlak mulia.
  2. Menghasilkan penelitian bidang pendidikan dan pengajaran ilmu ke-Islaman, humaniora, dan sains tingkat Madrasah Ibtidaiyah yang dapat diaplikasikan untuk pengembangan prodi dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.
  3. Menghasilkan karya pengabdian bidang pendidikan dan pengajaran ilmu ke-Islaman, humaniora dan sains tingkat Madrasah Ibtidaiyah untuk tercapainya kualitas pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan aplikatif.
  4. Mencetak sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang unggul, berdaya saing internasional, dan adaptif terhadap perkembangan iptek serta berjiwa entrepreneur dan berakhlakul karimah pada tahun 2040.
  5. Menghasilkan inovasi dalam bidang pendidikan yang bersumber dari temuan hasil riset terapan yang berkontribusi terhadap pengembangan dunia pendidikan
  6. Menghasilkan sumber daya manusia yang mandiri, kreatif, inovatif, kritis dan mampu berdaya saing global

Kompetensi Lulusan:

Fokus penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Guru Ma­drasah Ibtidaiyah (PGMI) adalah untuk mempersiapkan mahasiswa memasuki dunia profesi di bidang pendidikan dasar, baik Madrasah Ibtidaiyah (MI), mau­pun Sekolah Dasar (SD). Secara lebih spesifik, kompetensi alumni Program Studi Pendidikan Guru Ma­drasah Ibtidaiyah (PGMI) STAIFA Pamekasan adalah:

Kompetensi Utama:

  1. Menguasai ilmu pendidikan dasar
  2. Menguasai metode pembe­lajaran tematik
  3. Menguasai materi pendi­dikan dasar
  4. Menguasai metodologi pem­belajaran pendidikan dasar dan mampu mengaplikasikannya
  5. Menguasai administrasi pembelajaran
  6. Menguasai evaluasi pem­belajaran
  7. Menguasai media pembe­lajaran
  8. Menguasai metodologi pe­nelitian pendidikan dan eva­luasi di bidang pendidikan dasar
  9. Komitmen terhadap profesi guru.

Kompetensi Pendukung:

  1. Menguasai teknik atau me­tode bimbingan dan kon­seling
  2. Menguasai model-model pembelajaran pendidikan dasar
  3. Memiliki kemampuan mem­berikan alternatif pemecah­an masalah pembelajaran pendidikan dasar
  4. Menguasai model-model pembelajaran pendidikan dasar alternatif
  5. Memiliki kemampuan me­respons secara cerdas pro­blem umat dalam wilayah pendidikan dasar;
  6. Memiliki kemampuan baha­sa Arab dan Inggris secara aktif atau pasif.

Profesi:

Secara lebih spesifik, orientasi profesi alumni Program Studi Pen­didikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAIFA Pamekasan adalah:

  1. Profesi Utama: Guru MI maupun SD; dan Peneliti Pendidikan Dasar
  2. Profesi Alternatif: Pemikir dan penulis di bidang Pendidikan Dasar; Praktisi BK Pendidikan Dasar

Gelar Kesarjanaan:

Gelar kesarjanaan Jurusan Pendidikan Madrasah Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) adalah Sarjana Pendidikan (S.Pd.)